Senin, Januari 23, 2012

Soal Pra Mid Kelas VIII Mata Pelajaran : PKn smt gasal


Mata Pelajaran : PKn Kelas : VIII Hari/Tgl : ...................... 2012 Waktu :


Pilihlah salah satu jawaban yang tepat dengan memberi tanda silang ( X ) pada huruf a, b, c, atau d!
1. Berikut ini faktor pendorong lancarnya pelaksanaan peraturan perundang-undangan, kecuali…
a. dukungan masyarakat
b. mengakomodai kepentingan masyarakat
c. sesuai dengan tata nilai kepentingan masyarakat
d. sanksi yang berat

2. Tanggung jawab kita sebagai warga negara terhadap peraturan perundang-undangan nasional adalah…
a. memantau dalam proses pembuatannya
b. mendukung terbentuknya perundang-undangan
c. melaksanakan dengan tanggung jawab
d. ikut mengawasinya

3. Undang-Undang No 20 Tahun 2001 mangatur tentang…
a. tindak pidana pencuriaan
b. tindak pidana kekerasan di dalam rumah tangga
c. tindak pidana korupsi
d. tindak pidana pembunuhan

4. Undang-undang No 28 Tahun 1999 mengatur tentang…
a. Komisi Pemeriksaan Kekayaan Pejabat Negara
b. pemilihan umum dan partai politik
c. komisi dan pemberantasan tindak pidana korupsi
d. penyelenggaraan negara yang bersih dan bebas dari KKN

5. Tindakan melawan hukum yang mengutamakan keluarga atau famili disebut…
a. nepotisme
b. korupsi
c. kolusi
d. egoisme

6. Penyelewengan uang negara untuk kepentingan pribadi atau orang lain disebut…
a. nepotisme
b. kolusi
c. korupsi
d. negosiasi

7. Undang-undang No. 30 Tahun 2002 mengatur tentang…
a. Komisi Pemberantasan Korupsi
b. Tindak Pidana Korupsi
c. Kasus Korupsi
d. Komisi Pemeriksaan Kekayaan Pejabat Negara

8. Berikut ini yang tidak termasuk tugas Komisi Pemberantasan Korupsi adalah…
a. melakukan pencegahan tindak pidana korupsi
b. melakukan pemantauan terhadao penyelenggaraan Negara
c. melakukan penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan tindak pidana
d. mengadili dan memutuskan hukum bagi pelaku korupsi

9. Tim gabungan pemberantasan korupsi bertanggung jawab kepada…
a. Presiden
b. Jaksa agung
c. Mahkamah agung
d. Komisi pemberantasan korupsi

10. Berikut ini adalah lembaga yang berwewenang memberantas Tindak Pidana Korupsi adalah…
a. Pemerintah
b. DPR
c. KPK
d. BPK

11. Pancasila memberikan pedoman dan arah bagi perjuangan bangsa Indonesia untuk menuju cita-cita. Hal tersebut menjadikan Pancasila berkedudukan sebagai...
a. perjanjian luhur bangsa Indonesia
b. jalan hidup bangsa dan negara
c. ideologi negara Indonesia
d. kepribadian bangsa Indonesia

12. Berikut ini merupakan alasan mengapa Pancasila dijadikan sebagai dasar dan ideologi negara adalah...
a. nilai-nilai Pancasila bukan barang imfor tetapi bersumber dari kepribadian bangsa sendiri
b. merupakan satu-satunya alat pemersatu bangsa Indonesia
c. kumpulan dari berbagai ideologi besar dunia yang dirangkumkan menjadi satu
d. sangat sesuai dengan kondisi masyarakat Indonesia yang heterogen

13. Pancasila merupakan rumusan yang bulat dan utuh, maksudnya adalah...
a. Pancasila digali dari nilai-nilai kepribadian bangsa sendiri
b. Pancasila dirumuskan oleh para pendiri bangsa
c. masing-masing sila mempunyai arti yang utuh dan tidak ada hubungannya dengan yang lainnya
d. rumusan sila-sila pancasila saling berhubungan satu dengan yang lainnya

14. Berikut ini merupakan fungsi ideologi negara bagi suatu bangsa adalah...
a. hanya berguna bagi para pejabat pemerintah
b. mengokohkan pemerintah yang ada
c. memberikan arah bagi bangsa itu akan berperilaku
d. hanya kelengkapan sebagai bangsa

15. Pancasila dijadikan ideologi nasional karena...
a. Pancasila karena sudah terbukti kesaktiannya
b. Pancasila bersifat kekeluargaan
c. Pancasila menjunjung tinggi HAM
d. Pancasila sesuai dengan cita-cita dan kepribadian bangsa

16. Pada waktu sidang pertama BPUPKI, masalah yang dibahas adalah…
a. rumusan dasar negara
b. undang-undang dasar negara
c. pemimpin negara
d. lembaga-lembaga negara

17. Sikap yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila harus kita hindarkan antara lain…
a. toleransi
b. tenggang rasa
c. empati
d. individualisme

18. Nilai-nilai Pancasila pada hakekatnya tidak hanya dimiliki bangsa Indonesia, melainkan juga milik semua bangsa di dunia hal ini menunjukan Pancasila bersifat...
a. universal
b. fleksibel
c. dinamis
d. idealisme

19. Sikap tenggang rasa, tidak semena-mena terhadap orang lain, gemar menolong orang yang membutuhkan pertolongan, sesuai dengan Pancasila khususnya sila...
a. Ketuhanan Yang Maha Esa
b. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
c. Persatuan Indonesia
d. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

20. Sila Ketuhanan Yang Maha Esa menjadi dasar pelaksanaan dari...
a. kemanusiaan yang adil dan beradab
b. persatuan Indonesia
c. keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
d. seluruh sila Pancasila yang lainnya

21. Pancasila mengajarkan keseimbangan antara kepentingan pribadi, golongan dan sosial, sedangkan liberalisme mengagungkan kepentingan...
a. golongan minoritas
b. sosial kemasyarakatan
c. individu
d. negara dan bangsa

22. Berikut ini merupakan contoh kesetiaan terhadap Pancasila sebagai ideologi negara, kecuali...
a. memperkokoh persatuan dan kesatuan
b. menciptakan anarkisme di masyarakat
c. menyelenggarakan pembangunan
d. mewujudkan pemerintah yang berwibawa

23. Kesadaran untuk mempertahankan ideologi Pancasila merupakan tanggung jawab seluruh warga negara Indonesia melalui tindakan...
a. ikut aktif dalam pergaulan nasional
b. melaksanakan ideologi Pancasila secara konsisten
c. memperkenalkan Pancasila ke semua negara
d. menempatkan Pancasila sebagai ajaran tertinggi

24. Usaha mempertahankan Pancasila dapat dilakukan melalui jalur keluarga, misalnya...
a. melalui pendidikan formal
b. melalui pendidikan kewarganegaraan
c. melalui partai politik
d. orang tua melatih kedisiplinan anaknya

25. Sikap positif terhadap Pancasila khususnya sila pertama dalam kehidupan bermasyarakat dapat ditujukan oleh warga negara Indonesia, seperti berikut...
a. mengucap syukur kepada Tuhan yang Maha Esa atas segala karunia yang diterima
b. berkata jujur dan berbuat baik terhadap sesama
c. membantu pekerjaan orang lain sehingga dapat cepat selasai
d. berdoa semoga kehidupannya bahagia sepanjang masa

26. Contoh peran serta siswa dalam mempertahankan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di sekolah adalah...
a. suka mengalah dalam pergaulan
b. mentaati tata tertib sekolah
c. melaksanakan piket setiap hari
d. melaksanakan semua perintah guru

27. Sikap positif terhadap Pancasila, terutama sila kedua dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dapat ditunjukan seperti berikut...
a. menghormati hak asasi manusia
b. meningkatkan kegiatan silaturahmi
c. membantu orang lain karena haknya
d. menghormati orang lain yang lebih tua

28. Sebelum terbentuknya MPR, tugas MPR dijalankan oleh…
a. Presiden
b. Komite nasional
c. Presiden dibantu komite nasional
d. Para menteri

29. Pada saat berlakunya konstitusi RIS maka UUD 1945 hanya berlaku untuk wilayah…
a. negara Sumatra Selatan
b. negara Madura
c. negara Republik Indonesia
d. negara Indonesia Timur
30. Pada tahun 1950 negara Indonesia kembali menjadi negara kesatuan, UUD yang dipergunakan adalah…
a. UUD 1945
b. UUD RIS
c. UUDS
d. UUD perubahan
31. Bentuk negara Indonesia yang sesuai dengan UUD 1945 adalah…
a. republik
b. serikat
c. uni
d. kesatuan

32. Pada saat menggunakan konstitusi RIS bentuk negara Indonesia adalah…
a. kesatuan
b. kerajaan
c. federal
d. dominio

33. Pada tahun 1950 sistem pemerintahan yang digunakan Indonesia adalah…
a. kesatuan
b. parlementer
c. federal
d. republik

34. Setelah Indonesia menjadi negara serikat maka UUD yang dipakai…
a. UUD 1950
b. UUD RIS 1949
c. UUD 1945
d. UUD perubahan

35. Sistem pemerintahan menurut UUD 1945 adalah presidensial. Adapun ciri-cirinya sebagai berikut, kecuali…
a. Presiden tidak dapat dijatuhkan oleh DPR
b. Presiden sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan
c. Presiden dipilih oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat
d. masa jabatan presiden ditentukan lima tahun
36. Berikut ini yang merupakan alasan pentingnya konstitusi bagi suatu negara…
a. isinya memuat dasar dari struktur dan fungsi dari negara
b. dibuat oleh Presiden dan DPR yang mempunyai kewenangan hukum
c. materinya mengatur kehidupan negara
d. adanya pengakuan hak dan kewajiban negara lain

37. Suatu konstitusi dikatakan fleksibel atau luwes apabila…
a. mudah mengikuti perkembangan zaman
b. sulit untuk dilakukan perubahan
c. dicantumkan dalam naskah tertulis
d. dibuat lembaga pembentuk konstitusi
38. Di bawah ini merupakan penyimpangan konstitusi pada masa orde lama, kecuali…
a. membubarkan DPR hasil pemilu tahun 1955
b. Presiden membentuk DPRGR
c. mengangkat presiden seumur hidup
d. menggunakan sistem pemerintahan parlementer
39. Melalui ketetapan MPRS No.III/MPRS/1963, Ir. Soekarno diangkat menjadi presiden…
a. 5 tahun
b. 10 tahun
c. selama-lamanya
d. seumur hidup
40. Salah satu peran negatif warga negara dalam pelaksanaan UUD 1945, yaitu…
a. menerima dan menaati hukum
b. menjadi pejabat politik
c. menolak kebijakan pemerintah
d. mengajukan permohonan usulan proyek
41. Istilah amandemen sudah dikenal di Indonesia semenjak Indonesia menggunakan…
a. UUD 1945
b. UUD RIS 1949
c. UUDS 1950
d. UUD 1945 pasca amandemen
42. Salah satu alasan diamandemennya UUD 1945 adalah…
a. UUD 1945 hanya memuat hal-hal yang pokok saja
b. agar dapat menyesuaikan perkembangan zaman
c. agar sesuai dengan konstitusi Negara maju
d. UUD 1945 belum pernah mengalami perubahan

43. Lembaga yang berwewenang untuk mengamandemen UUD 1945 adalah…
a. Presiden
b. DPR
c. DPD
d. MPR

44. Amandemen UUD 1945 merupakan hal yang biasa dilakukan apabila tidak menyalahi hukum apabila…
a. dilakukan dengan mekanisme yang benar
b. dilakukan pihak-pihak yang tidak berwewenang
c. tidak menyangkut hal-hal yang prinsipil
d. tidak terlalu banyak pasal yang diubah

45. Bagian UUD 1945 tidak diamandemen adalah…
a. pasal-pasal dalam batang tubuh
b. pembukaan UUD 1945
c. penjelasan UUD 1945
d. penjelasan pasal demi pasal

46. Berikut ini lembaga negara yang dihapuskan setelah amandemen UUD 1945 adalah…
a. MK
b. DPD
c. BPK
d. DPA

47. Salah satu hasil perubahan UUD 1945 adalah…
a. adanya lembaga DPD yang dipilih oleh DPR
b. kekuasaan presiden berada di bawah MPR
c. DPR memiliki kekuasaan eksekutif
d. pemilihan presiden secara langsung
48. Berikut ini yang diberi tugas untuk menyiapkan rancangan perubahan UUD 1945 pada tahun 2000, yaitu…
a. fraksi-fraksi MPR
b. komisi-komisi MPR
c. pimpinan MPR
d. badan pekerja MPR
49. Sistematika UUD 1945 pada saat disahkan tanggal 18 Agustus 1945…
a. pembukaan, batang tubuh, dan penjelasan
b. pembukaan dan batang tubuh
c. preambul dan batang tubuh
d. konsideran, batang tubuh dan penjelasan

50. Berdasarkan pasal 37 UUD 1945 setelah diamandemen putusan untuk mengubah pasal-pasal UUD 1945 dilakukan dengan persetujuan sekurang-kurangnya…
a. 1/3 dari seluruh jumlah anggota majelis
b. 2/3 dari jumlah anggota MPR
c. 50% anggota dari seluruh anggota MPR
d. 50% ditambah satu anggota dari seluruh anggota MPR

51. Amandemen yang telah dilaksanakan membawa konsekuensi bagi setiap warga negara Indonesia, sehingga setiap warga negara Indonesia mempunyai tanggung jawab untuk…….hasil amandemen
a. mengkritik
b. menghafalkan
c. memahami
d. melaksanakan

52. Perubahan UUD 1945 dilakukan secara demokratis. Hal ini tercermin dari cara pembahasannya yang dilakukan melalui proses…
a. yang panjang
b. musyawarah
c. adu kekuatan
d. perang mulut

53. Cara menghargai hasil amandemen UUD 1945 adalah…
a. menerima dengan terpaksa
b. menerima tanpa melaksanakannya
c. menerima dengan lapang dada
d. hanya menerima hasil amandemen yang disetujui

54. Salah satu peran serta pelajar dalam melaksanakan UUD 1945 amandemen, yaitu…
a. giat mengembangkan ilmu teknologi
b. mempelajari naskah UUD 1945 amandemen
c. bercita-cita menjadi anggota DPR
d. selalu mengikuti upacara bendera
55. Peraturan pemerintah pengganti undang-undang dapat diterapkan pada saat…
a. Presiden keluar negeri
b. yang tepat, aman dan damai
c. DPR melaksanakan sidang pleno
d. darurat dan membutuhkan tindakan cepat



56. Peraturan perundang-undangan di bawah Undang-Undang Dasar 1945, tidak boleh bertentangan dengan UUD 1945 karena UUD 1945 merupakan…
a. hukum dasar
b. dibuat oleh para pendiri negara
c. memuat hal-hal yang prinsipil
d. hukum tertulis

57. Bentuk peraturan nasional yang dihapuskan pada tata urutan perundang-undangan, berdasarkan UU No. 10 Tahun 2004 adalah…
a. peraturan pemerintah
b. peraturan presiden
c. ketetapan MPR
d. peraturan desa

58. Sebuah perpu dapat menjadi undang-undang apabila mendapat persetujuan dari…
a. MPR
b. DPD
c. Presiden
d. DPR

59. Peraturan perundang-undangan yang digunakan sebagai tindakan pemerintah untuk mengatur dan melayani masyarakat dalam berbagai bidang kehidupan sehari-hari disuatu daerah otonom disebut…
a. dasar hukum kebijakan daerah
b. norma kehidupan daerah
c. kebijakan daerah
d. peraturan daerah

60. Berdasarkan Undang-Undang No. 32 Tahun 2004, setiap daerah diberi kewenangan yang luas untuk mengatur daerahnya yang berkaitan dengan hal…
a. mengelola daerah sesuai dengan potensi yang dimiliki
b. menyelenggarakan kebijakan tentang menoter dan fiskal
c. membuat peraturan tentang pertahanan swakarsa
d. mengadakan pembangunan nasional secara makro


Soal Pra Mid Kelas VIII Mata Pelajaran : PKn smt gasal


Mata Pelajaran : PKn Kelas : VIII Hari/Tgl : ...................... 2012 Waktu :


Pilihlah salah satu jawaban yang tepat dengan memberi tanda silang ( X ) pada huruf a, b, c, atau d!
1. Berikut ini faktor pendorong lancarnya pelaksanaan peraturan perundang-undangan, kecuali…
a. dukungan masyarakat
b. mengakomodai kepentingan masyarakat
c. sesuai dengan tata nilai kepentingan masyarakat
d. sanksi yang berat

2. Tanggung jawab kita sebagai warga negara terhadap peraturan perundang-undangan nasional adalah…
a. memantau dalam proses pembuatannya
b. mendukung terbentuknya perundang-undangan
c. melaksanakan dengan tanggung jawab
d. ikut mengawasinya

3. Undang-Undang No 20 Tahun 2001 mangatur tentang…
a. tindak pidana pencuriaan
b. tindak pidana kekerasan di dalam rumah tangga
c. tindak pidana korupsi
d. tindak pidana pembunuhan

4. Undang-undang No 28 Tahun 1999 mengatur tentang…
a. Komisi Pemeriksaan Kekayaan Pejabat Negara
b. pemilihan umum dan partai politik
c. komisi dan pemberantasan tindak pidana korupsi
d. penyelenggaraan negara yang bersih dan bebas dari KKN

5. Tindakan melawan hukum yang mengutamakan keluarga atau famili disebut…
a. nepotisme
b. korupsi
c. kolusi
d. egoisme

6. Penyelewengan uang negara untuk kepentingan pribadi atau orang lain disebut…
a. nepotisme
b. kolusi
c. korupsi
d. negosiasi

7. Undang-undang No. 30 Tahun 2002 mengatur tentang…
a. Komisi Pemberantasan Korupsi
b. Tindak Pidana Korupsi
c. Kasus Korupsi
d. Komisi Pemeriksaan Kekayaan Pejabat Negara

8. Berikut ini yang tidak termasuk tugas Komisi Pemberantasan Korupsi adalah…
a. melakukan pencegahan tindak pidana korupsi
b. melakukan pemantauan terhadao penyelenggaraan Negara
c. melakukan penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan tindak pidana
d. mengadili dan memutuskan hukum bagi pelaku korupsi

9. Tim gabungan pemberantasan korupsi bertanggung jawab kepada…
a. Presiden
b. Jaksa agung
c. Mahkamah agung
d. Komisi pemberantasan korupsi

10. Berikut ini adalah lembaga yang berwewenang memberantas Tindak Pidana Korupsi adalah…
a. Pemerintah
b. DPR
c. KPK
d. BPK

11. Pancasila memberikan pedoman dan arah bagi perjuangan bangsa Indonesia untuk menuju cita-cita. Hal tersebut menjadikan Pancasila berkedudukan sebagai...
a. perjanjian luhur bangsa Indonesia
b. jalan hidup bangsa dan negara
c. ideologi negara Indonesia
d. kepribadian bangsa Indonesia

12. Berikut ini merupakan alasan mengapa Pancasila dijadikan sebagai dasar dan ideologi negara adalah...
a. nilai-nilai Pancasila bukan barang imfor tetapi bersumber dari kepribadian bangsa sendiri
b. merupakan satu-satunya alat pemersatu bangsa Indonesia
c. kumpulan dari berbagai ideologi besar dunia yang dirangkumkan menjadi satu
d. sangat sesuai dengan kondisi masyarakat Indonesia yang heterogen

13. Pancasila merupakan rumusan yang bulat dan utuh, maksudnya adalah...
a. Pancasila digali dari nilai-nilai kepribadian bangsa sendiri
b. Pancasila dirumuskan oleh para pendiri bangsa
c. masing-masing sila mempunyai arti yang utuh dan tidak ada hubungannya dengan yang lainnya
d. rumusan sila-sila pancasila saling berhubungan satu dengan yang lainnya

14. Berikut ini merupakan fungsi ideologi negara bagi suatu bangsa adalah...
a. hanya berguna bagi para pejabat pemerintah
b. mengokohkan pemerintah yang ada
c. memberikan arah bagi bangsa itu akan berperilaku
d. hanya kelengkapan sebagai bangsa

15. Pancasila dijadikan ideologi nasional karena...
a. Pancasila karena sudah terbukti kesaktiannya
b. Pancasila bersifat kekeluargaan
c. Pancasila menjunjung tinggi HAM
d. Pancasila sesuai dengan cita-cita dan kepribadian bangsa

16. Pada waktu sidang pertama BPUPKI, masalah yang dibahas adalah…
a. rumusan dasar negara
b. undang-undang dasar negara
c. pemimpin negara
d. lembaga-lembaga negara

17. Sikap yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila harus kita hindarkan antara lain…
a. toleransi
b. tenggang rasa
c. empati
d. individualisme

18. Nilai-nilai Pancasila pada hakekatnya tidak hanya dimiliki bangsa Indonesia, melainkan juga milik semua bangsa di dunia hal ini menunjukan Pancasila bersifat...
a. universal
b. fleksibel
c. dinamis
d. idealisme

19. Sikap tenggang rasa, tidak semena-mena terhadap orang lain, gemar menolong orang yang membutuhkan pertolongan, sesuai dengan Pancasila khususnya sila...
a. Ketuhanan Yang Maha Esa
b. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
c. Persatuan Indonesia
d. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

20. Sila Ketuhanan Yang Maha Esa menjadi dasar pelaksanaan dari...
a. kemanusiaan yang adil dan beradab
b. persatuan Indonesia
c. keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
d. seluruh sila Pancasila yang lainnya

21. Pancasila mengajarkan keseimbangan antara kepentingan pribadi, golongan dan sosial, sedangkan liberalisme mengagungkan kepentingan...
a. golongan minoritas
b. sosial kemasyarakatan
c. individu
d. negara dan bangsa

22. Berikut ini merupakan contoh kesetiaan terhadap Pancasila sebagai ideologi negara, kecuali...
a. memperkokoh persatuan dan kesatuan
b. menciptakan anarkisme di masyarakat
c. menyelenggarakan pembangunan
d. mewujudkan pemerintah yang berwibawa

23. Kesadaran untuk mempertahankan ideologi Pancasila merupakan tanggung jawab seluruh warga negara Indonesia melalui tindakan...
a. ikut aktif dalam pergaulan nasional
b. melaksanakan ideologi Pancasila secara konsisten
c. memperkenalkan Pancasila ke semua negara
d. menempatkan Pancasila sebagai ajaran tertinggi

24. Usaha mempertahankan Pancasila dapat dilakukan melalui jalur keluarga, misalnya...
a. melalui pendidikan formal
b. melalui pendidikan kewarganegaraan
c. melalui partai politik
d. orang tua melatih kedisiplinan anaknya

25. Sikap positif terhadap Pancasila khususnya sila pertama dalam kehidupan bermasyarakat dapat ditujukan oleh warga negara Indonesia, seperti berikut...
a. mengucap syukur kepada Tuhan yang Maha Esa atas segala karunia yang diterima
b. berkata jujur dan berbuat baik terhadap sesama
c. membantu pekerjaan orang lain sehingga dapat cepat selasai
d. berdoa semoga kehidupannya bahagia sepanjang masa

26. Contoh peran serta siswa dalam mempertahankan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di sekolah adalah...
a. suka mengalah dalam pergaulan
b. mentaati tata tertib sekolah
c. melaksanakan piket setiap hari
d. melaksanakan semua perintah guru

27. Sikap positif terhadap Pancasila, terutama sila kedua dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dapat ditunjukan seperti berikut...
a. menghormati hak asasi manusia
b. meningkatkan kegiatan silaturahmi
c. membantu orang lain karena haknya
d. menghormati orang lain yang lebih tua

28. Sebelum terbentuknya MPR, tugas MPR dijalankan oleh…
a. Presiden
b. Komite nasional
c. Presiden dibantu komite nasional
d. Para menteri

29. Pada saat berlakunya konstitusi RIS maka UUD 1945 hanya berlaku untuk wilayah…
a. negara Sumatra Selatan
b. negara Madura
c. negara Republik Indonesia
d. negara Indonesia Timur
30. Pada tahun 1950 negara Indonesia kembali menjadi negara kesatuan, UUD yang dipergunakan adalah…
a. UUD 1945
b. UUD RIS
c. UUDS
d. UUD perubahan
31. Bentuk negara Indonesia yang sesuai dengan UUD 1945 adalah…
a. republik
b. serikat
c. uni
d. kesatuan

32. Pada saat menggunakan konstitusi RIS bentuk negara Indonesia adalah…
a. kesatuan
b. kerajaan
c. federal
d. dominio

33. Pada tahun 1950 sistem pemerintahan yang digunakan Indonesia adalah…
a. kesatuan
b. parlementer
c. federal
d. republik

34. Setelah Indonesia menjadi negara serikat maka UUD yang dipakai…
a. UUD 1950
b. UUD RIS 1949
c. UUD 1945
d. UUD perubahan

35. Sistem pemerintahan menurut UUD 1945 adalah presidensial. Adapun ciri-cirinya sebagai berikut, kecuali…
a. Presiden tidak dapat dijatuhkan oleh DPR
b. Presiden sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan
c. Presiden dipilih oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat
d. masa jabatan presiden ditentukan lima tahun
36. Berikut ini yang merupakan alasan pentingnya konstitusi bagi suatu negara…
a. isinya memuat dasar dari struktur dan fungsi dari negara
b. dibuat oleh Presiden dan DPR yang mempunyai kewenangan hukum
c. materinya mengatur kehidupan negara
d. adanya pengakuan hak dan kewajiban negara lain

37. Suatu konstitusi dikatakan fleksibel atau luwes apabila…
a. mudah mengikuti perkembangan zaman
b. sulit untuk dilakukan perubahan
c. dicantumkan dalam naskah tertulis
d. dibuat lembaga pembentuk konstitusi
38. Di bawah ini merupakan penyimpangan konstitusi pada masa orde lama, kecuali…
a. membubarkan DPR hasil pemilu tahun 1955
b. Presiden membentuk DPRGR
c. mengangkat presiden seumur hidup
d. menggunakan sistem pemerintahan parlementer
39. Melalui ketetapan MPRS No.III/MPRS/1963, Ir. Soekarno diangkat menjadi presiden…
a. 5 tahun
b. 10 tahun
c. selama-lamanya
d. seumur hidup
40. Salah satu peran negatif warga negara dalam pelaksanaan UUD 1945, yaitu…
a. menerima dan menaati hukum
b. menjadi pejabat politik
c. menolak kebijakan pemerintah
d. mengajukan permohonan usulan proyek
41. Istilah amandemen sudah dikenal di Indonesia semenjak Indonesia menggunakan…
a. UUD 1945
b. UUD RIS 1949
c. UUDS 1950
d. UUD 1945 pasca amandemen
42. Salah satu alasan diamandemennya UUD 1945 adalah…
a. UUD 1945 hanya memuat hal-hal yang pokok saja
b. agar dapat menyesuaikan perkembangan zaman
c. agar sesuai dengan konstitusi Negara maju
d. UUD 1945 belum pernah mengalami perubahan

43. Lembaga yang berwewenang untuk mengamandemen UUD 1945 adalah…
a. Presiden
b. DPR
c. DPD
d. MPR

44. Amandemen UUD 1945 merupakan hal yang biasa dilakukan apabila tidak menyalahi hukum apabila…
a. dilakukan dengan mekanisme yang benar
b. dilakukan pihak-pihak yang tidak berwewenang
c. tidak menyangkut hal-hal yang prinsipil
d. tidak terlalu banyak pasal yang diubah

45. Bagian UUD 1945 tidak diamandemen adalah…
a. pasal-pasal dalam batang tubuh
b. pembukaan UUD 1945
c. penjelasan UUD 1945
d. penjelasan pasal demi pasal

46. Berikut ini lembaga negara yang dihapuskan setelah amandemen UUD 1945 adalah…
a. MK
b. DPD
c. BPK
d. DPA

47. Salah satu hasil perubahan UUD 1945 adalah…
a. adanya lembaga DPD yang dipilih oleh DPR
b. kekuasaan presiden berada di bawah MPR
c. DPR memiliki kekuasaan eksekutif
d. pemilihan presiden secara langsung
48. Berikut ini yang diberi tugas untuk menyiapkan rancangan perubahan UUD 1945 pada tahun 2000, yaitu…
a. fraksi-fraksi MPR
b. komisi-komisi MPR
c. pimpinan MPR
d. badan pekerja MPR
49. Sistematika UUD 1945 pada saat disahkan tanggal 18 Agustus 1945…
a. pembukaan, batang tubuh, dan penjelasan
b. pembukaan dan batang tubuh
c. preambul dan batang tubuh
d. konsideran, batang tubuh dan penjelasan

50. Berdasarkan pasal 37 UUD 1945 setelah diamandemen putusan untuk mengubah pasal-pasal UUD 1945 dilakukan dengan persetujuan sekurang-kurangnya…
a. 1/3 dari seluruh jumlah anggota majelis
b. 2/3 dari jumlah anggota MPR
c. 50% anggota dari seluruh anggota MPR
d. 50% ditambah satu anggota dari seluruh anggota MPR

51. Amandemen yang telah dilaksanakan membawa konsekuensi bagi setiap warga negara Indonesia, sehingga setiap warga negara Indonesia mempunyai tanggung jawab untuk…….hasil amandemen
a. mengkritik
b. menghafalkan
c. memahami
d. melaksanakan

52. Perubahan UUD 1945 dilakukan secara demokratis. Hal ini tercermin dari cara pembahasannya yang dilakukan melalui proses…
a. yang panjang
b. musyawarah
c. adu kekuatan
d. perang mulut

53. Cara menghargai hasil amandemen UUD 1945 adalah…
a. menerima dengan terpaksa
b. menerima tanpa melaksanakannya
c. menerima dengan lapang dada
d. hanya menerima hasil amandemen yang disetujui

54. Salah satu peran serta pelajar dalam melaksanakan UUD 1945 amandemen, yaitu…
a. giat mengembangkan ilmu teknologi
b. mempelajari naskah UUD 1945 amandemen
c. bercita-cita menjadi anggota DPR
d. selalu mengikuti upacara bendera
55. Peraturan pemerintah pengganti undang-undang dapat diterapkan pada saat…
a. Presiden keluar negeri
b. yang tepat, aman dan damai
c. DPR melaksanakan sidang pleno
d. darurat dan membutuhkan tindakan cepat



56. Peraturan perundang-undangan di bawah Undang-Undang Dasar 1945, tidak boleh bertentangan dengan UUD 1945 karena UUD 1945 merupakan…
a. hukum dasar
b. dibuat oleh para pendiri negara
c. memuat hal-hal yang prinsipil
d. hukum tertulis

57. Bentuk peraturan nasional yang dihapuskan pada tata urutan perundang-undangan, berdasarkan UU No. 10 Tahun 2004 adalah…
a. peraturan pemerintah
b. peraturan presiden
c. ketetapan MPR
d. peraturan desa

58. Sebuah perpu dapat menjadi undang-undang apabila mendapat persetujuan dari…
a. MPR
b. DPD
c. Presiden
d. DPR

59. Peraturan perundang-undangan yang digunakan sebagai tindakan pemerintah untuk mengatur dan melayani masyarakat dalam berbagai bidang kehidupan sehari-hari disuatu daerah otonom disebut…
a. dasar hukum kebijakan daerah
b. norma kehidupan daerah
c. kebijakan daerah
d. peraturan daerah

60. Berdasarkan Undang-Undang No. 32 Tahun 2004, setiap daerah diberi kewenangan yang luas untuk mengatur daerahnya yang berkaitan dengan hal…
a. mengelola daerah sesuai dengan potensi yang dimiliki
b. menyelenggarakan kebijakan tentang menoter dan fiskal
c. membuat peraturan tentang pertahanan swakarsa
d. mengadakan pembangunan nasional secara makro